Berdasar pengalaman menjadl 1 irT1 1 pknir, PernIalan angka krprbt Pengembangan Profesi Guru dan Pengawas Sekolah rii seluruh sPjak 2002, dan memprediksi dImulalnya penerapan Permennep,pan dan N.K ry, 16 tahun 2009 pada tahun 2013 mendatang ada perasaan yang -,angat menggembirakan dalam meningkatkan profesi guru. Hal inr dtda-,an pada pemahaman kan-n setelah mendalami petunjuk teknis Pengembang…
Guru Penggerak adalah salah satu paket kebijakan Merdeka Belajar yang digulirkan oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru adalah ujung tombak pembelajaran. Proses pembelajaran yang bermutu hanya bisa dilakukan oleh guru yang bermutu. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi guru menjadi hal yang s…
Buku ini berisi kumpulan tulisan yang disajikan dengan bahasa yang ringan, lugas, analitis, reflektif, motivatif, bahkan terkadang "provokatif' dengan tujuan untuk membangkitkan motivasi dan membangun kepercayaan diri guru sebagai agen perubahan (agent of change) dan ujung tombak pembelajaran. Tugas guru saat ini tidak hanya sebatas mentransfer ilmu pengetahuan saja, melainkan tentang bagaimana…
Buku ini membahas 5 masalah seputar dunia pendidikan, yaitu: - Profesionalisme Guru - Kurikulum dan Manajemen Pendidikan - Ujian Nasional - Pendidikan Karakter - Pendidikan Antikorupsi Inilah isu-isu yang sering mengemuka dan terkadang menimbulkan pro-kontra, baik di kalangan pemerintah maupun pendidik. Bahkan, bukan tidak mungkin ide-ide yang disampaikan penulis berkaitan dengan …
Kompetensi Guru menjadi kata kuncl keberhasilan pembelajaran di seko-lah, kemampuan peserta didik dipengaruhi oleh kompetensi Guru, kom-petensi ini dapat ditunjukkan dalam bentuk kompetensi menyusun soal-soal jenis Higher Order Thinking and Skills (HOTS). Hasil belajar peserta didik dalam mengerjakan soal HOTS yang juga digunakan pada soal PISA dan TIMSS menjadi indikator keberhasilan Guru dala…
Bila Anda seorang pengajar, apakah guru SD, ustadz, dosen, instruktur, atau apapun namanya, tentu Anda sering bertemu dengan masalah-rnasalah berikut: Apakah tes yang Anda berikan itu benar-benar mengevaluasi hasil pengajaran Anda? Mengapa siswa/mahasiswa yang tergolong cerdas, pintar, rajin, nilainya buruk, sedangkan yang tergolong bodoh dan malas nilainnya balk? Apakah cara Anda mengajar, soa…