Buku
Pembelajaran Moral : Berpijak pada Karakteristik Siswa dan Budayanya
Masalah-masalah moral yang terjadi sekarang ini jauh lebih banyak dan lebih kompleks dibandingkan dengan masalah-masalah moral yang terjadi pada masa-masa sebelumnya. Untuk memperoleh suatu sikap moral yang tepat. studi di bidang moral dapat memberikan kontribusi yang berarti, sekalipun studi ini belum cukup menjamin terjadinya perilaku moral yang tepat. Studi tentang moral tidak bersifat teknis melainkan refleksi. yaitu suatu refleksi tentang tema-tema yang berkaitan dengan perilaku manusia. Moral dapat dikaji secara kognitif sebagai penalaran moral, dapat juga dari aspek perasaan moral, dan dapat juga dari perilaku atau tindakan moral. Ketiga aspek tersebut terintegrasi dalam diri seseorang dan membentuk kematangan moralitas orang tersebut. Maka objek kajian tentang moralitas ini langsung berkaitan dengan praktik kehidupan manusia. Buku ini disusun untuk para mahasiswa, guru, perancang pembelajaran, para pemerhati pendidikan yang ingin memperdalam tentang moral dan pembelajaran moral. Termasuk di dalamnya adalah para peneliti di bidang pembelajaran yang tertarik untuk menguji kesahihan teori-teori pembelajaran dalam konteks pendidikan moral. Bagi para perancang pembelajaran yang tertarik untuk mengembangkan program-program pembelajaran moral melalui media cetak maupun elektronik, juga dapat memanfaatkan buku ini.
Tidak tersedia versi lain