Buku
MEMAHAMI PENDIDIKAN KHUSUS DAN PENDIDIKAN LAYANAN KHUSUS
Upaya-upaya merumuskan kebijakan pembangunan yang dilakukan pemerintah dalam banyak dimensi tidak seluruhnya dapat diimple-mentasi secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Implementasi kebijakan khususnya bidang pendidikan perlu diuji dalam jangka waktu lama untuk melihat sejauh mana kebijakan yang diambil sejalan dengan kebutuhan masyarakat secara umum. Lombok Timur-Nusa Tenggara Barat dan Bandung-Jawa Barat merupakan dua wilayah yang memiliki karakter geografis berbeda, tetapi cukup signifikan sebagai wilayah pengujian kebijakan pembangunan pendidikan yang mungkin dapat berlaku dalam skala yang lebih luas. Hal ini terutama penting untuk mengkritisi aspek-aspek strategis penyelenggaraan pembangunan pendidikan bagi masyarakat khususnya bagi anak-anak nelayan yang hidupnya seringkali tidak menetap di saw wilayah daratan di samping melihat efektifitas penyelenggaraan pendidikan bagi anak-anak ber-kebutuhan khusus terutama bagi pengembangan potensi anak berbakat seperti yang ada di kota Bandung Jawa Barat.
Membandingkan dua wilayah dalam kerangka implementasi kebijakan pendidikan khusus dan layanan khusus memang bukan hal yang mudah, tetapi kerumitan-kerumitan dan perbedaan karakter wilayah yang menonjol dari kedua wilayah tersebut justru menjadi sisi menarik untuk menguji bagaimana kebijakan pendidikan yang dirumuskan pemerintah dapat diberlakukan dalam wilayah luas yang bersifat spesifik.
Tidak tersedia versi lain