Book
Model Pembelajaran Inovatif
Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakannya. oleh sebab itu, guru hams memikirkan dan membuat perencanaan sccara seksama dalam meningkatkan kesempatan belajar bagi siswanya dan memperbaiki kualitas mengajarnya. Hal ini menuntut perubahan dalam pengorganisasian kelas, penggunaan metode mengajar, strategi helajar mengajar, maupun sikap dan kerakteristik guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Guru berperan sebagai pengelola proses belajar mengajar, bertindak selaku fasilitator yang berusaha menciptakan kondisi belajar mengajar, mengembangkan bahan pelajaran dcngan balk dan meningkatkan kemampuan siswa untuk menyirnak pelajaran dan rnenguasai tujuan tujuan pendidikan yang hams mereka capai. Untuk memenuhi hal tersebut di atas guru dituntut marnpu mengelola proses belajar mengajar yang memberikan rangsangan kepada siswa sehingga is matt helajar karena memang siswalah subjek utama dalam belajar. Jika guru mernahami persyaratan kognitif dan ciri ciri sikap yang diperlukan untuk belajar seperti minat dan konsep diri pada diri siswa-siswanya, dapat diharapkan sebagian terhesar siswa akan dapat mencapai taraf penguasaan yang lehih balk, oleh scbah itu, hendaknya guru mampu menyesuaikan proses belajar mengajar dengan kebutuhan kebutuhan siswa secara individual tanpa hams mengajar siswa secara individual. Kcgiatan pembelajaran, terutama dalam tahap perencanaan, prinsip prinsip pembelajaran dapat memberikan batas batas yang memungkinkan bagi gum dalam proses pelaksanaannya. Pengetahuan tentang teori dan prinsip prinsip pembelajaran dapat memberikan kemudahan bagi guru dalam memilih tindakan pada saat proses pembelajaran bcrlangsung. Dengan mengetahui prinsip prinsip pembelajaran, guru memiliki sikap dan mampu mengembangkannya dalam rangka pen ingkatan kualitas belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain