Book
Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi & Implementasi dlm Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Dalam setiap organisasi, peran leader menjadi faktor kunci. Pemimpin memiliki peran yang menentukan arah dan berjalan-nya organisasi menuju tujuan yang ditetapkan. Demikian pula halnya dalam sebuah satuan pendidikan. Peran pemimpin satuan pendidikan ibarat nakhoda kapal. Ia harus mampu mengendalikan jalannya kapal di lautan, baik saat laut tenang maupun dalam ge-lombang. SMA sebagai satuan pendidikan menengah membutuhkan pemimpin yang kuat. Strong leadership menjadi salah satu prasyarat bagi optimalnya layanan pendidikan di sekolahnya. Karakteristik SMA tentu berbeda dengan jenjang pendidikan lainnya, oleh karena itu tipe pemimpin sekolah di SMA juga berbeda. Buku ini mengupas tentang kepemimpinan sekolah SMA yang kuat. Namun, kekuatannya diarahkan bukan hanva untuk menjalankan sekolah semata, melainkan fokus pada peningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Di sinilah, kinerja kepala sekolah diukur dari pencapa-ian basil belajar siswa, bukan dari yang lain. Namun, kita juga harus ingat bahwa kualitas basil akan sangat ditentukan oleh kualitas proses belajar yang dilakukan. Harus dipastikan bahwa proses belajar di sekolah berjalan secara efektif mengarah pada hasil yang ingin dicapai. Di sinilah peran kepala sekolah sangat menentukan untuk memastikan proses belajar berjalan efektif. Buku ini dapat menjadi referensi bagi pemangku kepentingan SMA untuk memastikan bahwa faktor kepemimpinan sekolah menjadi hal penting yang perlu menjadi perhatian, dan faktor yang menentukan hasil belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain