Buku
Antropologi Pendidikan sebagai Ilmu Sosial Terapan
Pelaksanaan program pendidikan perlu memperhatikan keadaan khusus lingkungan, adat kebiasaan, suasana kejiwaan serta tingkat kecerdasan penduduk setempat. Kalau tidak, rencana-rencananya tidak akan dapat mencapai hasil optimal, bahkan mungkin berakibat negatif. Antropologi Pendidikan adalah ilmu terapan yang memperoleh kesimpulan-kesimpulan tentang ciri-ciri khas sasaran pendidikan berdasarkan penelitian antropologis. Disiplin itu sangat penting untuk dipelajari para pendidik dan calon pendidik yang akan melengkapi pengetahuannya tentang pedagogik, psikologi, sosiologi pendidikan, dan didaktik. Antropologi Pendidikan ini khususnya sangat besar artinya bagi usaha pendidikan di tanah air kita, mengingat sebagian besar penduduk tinggal dan tersebar di ribuan pulau dengan beraneka ragam ciri khas kebudayaan daerah dan lingkungan suku bangsanya.
Tidak tersedia versi lain