Text
Laporan penelitian : pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada layanan bimbingan dan konseling jenjang SMA DI KOTA BANDUNG
ABSTRAK
Dengan diberlakukannya Peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, diharapkan akan muncul serangkaian kegiatan sekolah yang menunjang pengalaman belajar yang bermakna pada peserta didik. Agar peserta didik memiliki kompetensi dasar yang memadai, maka sekolah harus mencapai delapan standar pendidikan. Salah satunya adalah Standar Proses (Permendiknas Nomor : 41 tahun 2007). Standar proses tersebut, di sekolah memegang peranan penting dalam kegiatan pembelajaran yang efektif. Oleh karena itu pengembangannya perlu ditingkatkan, agar dapat memberikan layanan secara professional untuk terselenggaranya proses pendidikan secara efektif dan efesien. Atas dasar pemikiran ringkas di atas, penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk memperoleh cambaran yang objektif mengenai penerapan manajemen pembelajaran di laboratorium, yaitu mengenai: perencanaan, pelaksanaan pengendalian, evaluasi dan dampak manfaatnya terhadap pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Untuk mendukung pendiskripsian dan pembahasan hasil penelitian, penulis mengkaji teori yang relevan, yaitu tentang manajemen pembelajaran; kegiatan pembelajaran dengan ditunjang alat dan bahan yang memadai. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, selanjutnya diolah, diinterprestasikan dan simpulan sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan alat dan bahan di laboratorium merupakan faktor penunjang dalam pembelajaran yang efektif dengan basil mengarah terwujudnya hasil belajar siswa cukup meningkat, walaupun terdapat kelemahan yang diakibatkan oleh kesiapan guru dalam pembelajaran. Rekomendasi yang dapat dikemukakan, antara lain, terwujudnya pengembangan alat dan bahan, apabila ada dukungan dari kepala sekolah, kepala laboratorium, guru mata pelajaran biologi yang berkesinambungan serta adanya dukungan dari komite sekolah. Begitu juga guru harus memiliki kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan alat dan bahan yang telah tersedia, agar pembelajaran lebih terpusat pada siswa. Penelitian ini hanya terbatas pada alat dan bahan di laboratorium dalam menunjang pembelajaran efektif. Oleh karena itu, kepada peneliti yang berminat agar dapat meneliti lebih khusus pada mata pelajaran tertentu.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain