Text
Laporan Penelitian : manajemen pendampingan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru-guru IPA sekolah menengah pertama di Kabupaten Garut
MANAJEMEN PENDAMPINGAN GURU UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU-GURU IPA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN GARUT
ABSTRAK Titian ini mempermasalahkan sejauhmana efektivitas manajemen pendampingan meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru-guru IPA SMTP di khususnya di kabupaten Garut. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi dan pengembangan kualitas kompetensi guru-guru IPA. Penelitian ini metode kausal komparatif dengan teknik kuota sampling. Fokus masalahnya efekti% itas manajemen pendampingan kurikulum 2013. Data penelitian dihimpun sazket. Kemudian data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan rerata dan standar deviasi serta uji t-tes. Titian menunjukkan bahwa ada perbedaan kualitas kompetensi pedagogik dan profesional yang signifikan antara guru-guru SMPN/S IPA yang mengikuti pendampingan guru dan yang tidak. Kesimpulannya adalah bahwa manajemen guru itu efektif dalam meningkatkan kualitas kompetensi pedagogik dan guru-guru IPA SMPN/S di Kabupaten Garut.
- I an a j em en pendampingan dan kompetensi
NT MENTORING TO IMPROVE PEDAGOGICAL AND PROFESSIONAL 'CE FOR FIRST HIGH SCHOOL TEACHERS OF IPA IN GARUT DISTRIC
ABSTRACT
questioned the extent of the effectiveness of teachers mentoring management to :Nedaeoeical competence and professional for SMTP science teachers in West Java, a Garut district. The results of this study would be useful for improving the quality -e development of the science teachers. This research uses a causal comparative quota sampling technique. The focus of the problem is the management of mentoring curriculum in 2013. The research data were be collected through Then the data were analyzed quantitatively by calculating the mean and Irviation and t-test. results indicate that there is a significant difference in quality pedagogical and professional competence among IPA teachers of SMP/S following the mentoring of teachers and they are not. The conclusion is that montering of the teacher*. is effective in improving the quality of pedagogical and competence of science teachers SMP/S in Garut distric.
vlanaeement mentoring and competence
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain