Text
Disertasi : model pengembangan profesional berkelanjutan guru IPA melalui Lesson Study berbasis MGMP
MODEL PENGE1VIBANGAN PROFESIONAL BERKELANJUTAN GURU EPA MELALUI LESSON STUDY BERBASIS MGMP
Abstrak
PI:adman ini bertujuan untuk menghasilkan suatu model Pengembangan Poicsional Berkelanjutan Guru IPA melalui Lesson Study berbasis MGMP 11131.5), untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan pambeiajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Desain penelitian menggunakan terecrch and development. Perancangan model PPBLS diawali dengan analisis pelatihan yang dilakukan melalui studi lapangan dan studi literatur. lirieI PPBLS yang diterapkan terdiri atas in-service 1 dengan kegiatan pelatihan analisis kebutuhan guru, dilanjutkan on-service untuk penerapan hasil peimisa melalui implementasi lesson study dan observasi pembelajaran terhadap pesern MGMP, diakhiri dengan in-service 2. Jumlah peserta 34 orang, terdiri dari pa-a-exu IPA SMP Negeri dan SMP Swasta yang berdekatan lokasinya dalam sea aletn N1GMP di Kabupaten Bandung Barat. Instrumen penelitian terdiri atas lac= observasi kegiatan, tes kemampuan guru dalam pelatihan, kuesioner, dan =Ewan v►awancara. Hasil yang diperoleh pada penelitian dan pengembangan ini azuaL I larakteristik model PPBLS yaitu in-service 1, on-service, dan in-service 2_ : kccripetensi guru meningkat dalam mengembangkan pembelajaran TA, yang ocirct pemahaman konsep IPA, penggunaan metode dan pendekatan irsamrcilan proses, menyusun perencanaan pembelajaran dan LKS, dan panzamaan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif; 3) keunggulan model 11103LS adalah dapat menerapkan hasil pelatihan secara langsung melalui ampiementasi lesson study, adanya observasi pembelajaran ke sekolah masing-mo■ peserta MGMP, memberikan pengalaman pembelajaran secara langsung Emig kelas nvata, dilakukan penguatan pemahaman pembelajaran dan lesson am* a akhir kegiatan, dan memfungsikan MGMP Gugus secara maksimal; 4) youppm guru peserta MGMP IPA terhadap model PPBLS sangat positif, yaitu zes.mbah wawasan dan memperoleh inspirasi berkaitan dengan pembelajaran, immienian pengalaman langsung dalam pembelajaran tidak hanya teori, guru kekurangan dalam pembelajaran, pembelajaran EPA ada perbaikan, dan apt mengembangkan profesional guru secara berkelanjutan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain