Text
Tesis : kompetensi pedagogik guru dilihat dari pengalaman pelatihan
ABSTR'AK.
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DILIHAT DARI PENGALAMAN PELATIHAN (Studi Komparatif terhadap Guru - Guru Sekolah Dasar di Kota Cimahi yang Telah Mendapatkan Pelatihan di LPMP Jawa Barat dan yang Belum Mendapatkan Pelatihan) Oleh: Jajang Agus Sungkawa. Pengembangan potensi peserta didik sangat tergantung bagaimana seorang pendidik dalam ini guru merencanakan, melaksanakanādan mengevaluasi proses belajar mengajar di kelas sebagai bentuk penjaminan mutu yang sesungguhnya. Kualitas interaksi guru dengan anak didik salahsatunya ditentukan kompetensi pendidik itu sendiri. Hal ini disadari oleh dengan terbitnya Undang-Undang Guru dan Dosen. Digulirkannya Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UGD) semakin menegaskan kornitmen pemerintah dalam peningkatan mutu, relevansi, dan daya swing di masa depan. UGD menyebutkan bahwa ke depan guru dipersyaratkan untuk memiliki kualifikasi akademik yang relevan dan menguasai kompetensi sebagai agen pembelajaran. Kompetensi sebagai agen pembelajaran yang harus dikuasai oleh guru meliputi kompetensi fiepribadian, kompetensi pedagogik; kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Berdasarkan Tatar belakang di atas maka rumusan permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut:1)Bagaimanakah kompetensi pedagogik guru secara umum ?,2)Bagairnanakah kompetensi pedagogik guru yang sudah aengikuti pelatihan?3).Bagaimanakah kompetensi pedagogik guru yang belum mengikuti pelatihan ? 4 Apakah kemampuan pedagogik guru yang sudah mengikuti pelatihan lebih baik dari guru yang beium mengikuti pelatihan?. Adapun penelitian ini memiliki tujuan untuk 1) mengetahui kompetensi 2oQik guru secara umum, 2) mengetahui kompetensi pedagogik guru yang sudah mengikuti pelatihan, 3) mengetahui kompetensi pedagogik guru yang belum mengikuti pelatihan, 4) mengetahui perbedaan kemampuan pedagogik guru yang sudah mengikuti pelatihan dengan guru yang belum mengikuti pelatihan. Metode penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptik komparatif yang bersifat ex post facto, karena peristiwanya telah terjadi dan dalam penelitian ini tidak dilakukan pengendalian atau manipulasi terhadap variabelnya. Populasi dan sampel penelitian ini adalah Guru-Guru Sekolah Dasar ada di Dinas Pendidikan Kota Cimahi yang Irish mengikuti pelatihan di LPMP Jawa Barat sebanyak 45 orang guru Sekolah Dasar dan 45 orang guru Sekolah Dasar yang tidak mengikuti pelatihan. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa lhompetensi pedagogik secara umum berada pada nilai 2,20 dengan kriteria sedang, Kompetensi pedagogik guru alumni pelatihan berada pada nilai 2,29 dan kompetensi pedagogik guru yang tidak mengikuti palatihan berada pada nilai 2,10 dengan kriteria sedang. Perbedaan kompetensi pedagogik arm Sekolah Dasar alumni pelatihan dengan guru Sekolah Dasar yang tidak mengikuti pelatihan unjukkan perbedaan yang signifikan berdasarkan dari delapan indikator yang di analisis. Enam laikator yang dianalisis menujukkan nilai t hitung > t tabel dengan nilai probabilitas < 0,05 yang terdapat perbedaan signifikan sedangkan dua indikator lagi menunjukkan nilai t hitung < dari t dengan nilai probabilitas > 0,05 yang berarti tidak signifikan. Kesimpulan penelitian ini tensi pedagogik guru Alumni Pelatihan dan guru yang tidak mengikuti pelatihan berada pada is sedang, akan tetapi secara statistik menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru Sekolah Alumni Pelatihan LPMP Jawa Barat lebih baik daripada kompetensi pedagogik guru yang tidak ikuti pelatihan.
kunci : Kompetensi pedagogik, pelatihan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain