Text
Laporan Penelitian dan Disertasi : bimbingan kelompok untuk meningkatkan kompetensi intrapersonal
ABSTRAK Dani Tohir (2015) "Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kompetensi Intrapersonal Siswa SMP"
Penulisan makalah ini bertujuan menghasilkan pemahaman tentang kompetensi intrapersonal dan bimbingan kelompok yang dapat meningkatkan kompetensi intrapersonal siswa SMP. Kompetensi Intrapersonal merupakan kemampuan yang dipelajari, yang membantu individu untuk dapat berkomunikasi secara baik dengan dirinya sendiri yang meliputi aspek pengetahuan diri (self knowledge), pengarahan diri (self direction), dan harga diri (self esteem). Bimbingan merupakan satu layanan yang dipandang tepat meningkatkan kompetensi intrapersonal siswa, karena dalam proses bimbingan, individu dibantu untuk memahami dan menguasai tugas-tugas perkembangan. Bimbingan kelompok sebagai suatu proses pemberian bantuan kepada individu melalui suasana kelompok yang memungkinkan setiap anggota untuk belajar berpartisipasi aktif dan berbagi pengalaman dalam upaya pengembangan wawasan, sikap dan atau keterampilan yang diperlukan dalam upaya mencegah timbulnya masalah atau dalam upaya pengembangan pribadi melalui langkah-langkah bimbingan sebagai berikut: I. Tahap awal (beginning a group) yang terdiri atas: pernyataan tujuan, pembentukan kelompok, konsolidasi; 2. Tahap transisi (transition stage): storming, norming; 3. Tahap kerja (performing stage) yang meliputi: eksperientasi (experience), identifikasi (identify), analisis (analyze), generalisasi (generalization); 4. Tahap terminasi (termination stage): refleksi umum, tindak lanjut.
Kata kunci : Kompetensi Intrapersonal, Bimbingan, Bimbingan Kelompok
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain