Text
Laporan Penelitian dan Disertasi :program pendampingan dan implementasi evaluasi diri sekolah (EDS) dan monitoring sekolah oleh pemerintaha daerah (MSPD)
PROGRAM PENDAMPINGAN DAN IMPLEMENTASI EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) DAN MONITORING SEKOLAH OLEH PEMERINTAH DAERAH (MSPD) (Survey Evaluasi terhadap Program Pendampingan dan Pelaksanaan EDS-MSPD di Jawa Barat Tahun 2012)
Oleh: Ratnasari
ABSTRAK
_ an penelitian ini adalah untuk menemukan keefektifan dari program peadampingan terhadap TPS (Tim Pengembang Sekolah) dalam melaksanakan EDS (Evaluasi Diri Sekolah). Penelitian menggunakan metode survey dengan anaksud evaluasi terhadap program pendampingan implementasi EDS-MSPD dan pciaksanaan EDS. Sedangkan jenis evaluasinya adalah jenis evaluasi sumatif. Dna diperoleh dari penyebaran instrumen berupa angket dengan responden Ta Pengembang Sekolah (TPS) dari Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK, juga unsur dinas pendidikan kabupaten/kota di Jawa Barat. Pengukuran angket nicaggunakan Skala Likert dengan 4 point. Pengolahan data menggunakan AuctiAik dengan program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan TPS terhadap rogram pendampingan berkatagori tinggi; pemahaman TPS terhadap konsep EDS-MSPD berkatagori tinggi; pemahaman unsur dinas pendidikan kabupaten/kota berkatagori tinggi; 11112ggapan TPS terhadap pelaksanaan EDS berkatagori tinggi; (5) program pingan efektif membantu TPS dalam mengimplementasikan EDS; ponahaman terhadap konsep EDS-MSPD merupakan salah satu faktor yang ibusi terhadap pelaksanaan EDS; (7) program pendampingan dan konsep EDS-MSPD berkontribusi terhadap pelaksanaan EDS.
Lci: Pendampingan Implementasi EDS-MSPD, Pemahaman EDS-MSPD, ln EDS
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain