Text
Tesis : pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa SMA Negeri 20 Kota Bandung)
Oleh: Ratnasari
2009
ABSTRAK
Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Sejarah
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan keefektifan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMAN 20 Kota Bandung. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain kuasi eksperimen yang menggunakan sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran inkuiri, sedangkan kelas kontrol menerapkan model pembelajaran bukan inkuiri. Instrumen penelitian terdiri dari tes, angket skala sikap, dan observasi kelas. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pemberian pretes, melaksanakan proses pembelajaran, dan pemberian postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran inkuiri; (2) pada kelas eksperimen, hasil belajar kelompok siswa perempuan dengan kelompok siswa laki-laki tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan; (3) Sebagian siswa mempunyai sikap positif terhadap pembelajaran inkuiri, dan sebagian lagi mempunyai sikap rendah; (4) Model pembelajaran inkuiri dapat dilaksanakan dengan baik pada mata pelajaran sejarah. Berdasarkan dari hasil penelitian direkomendasikan bagi guru hendaknya meingkatkan kompetensinya agar dapat melaksanakan model pembelajaran inkuiri secara optimal. Bagi sekolah hendaknya meningkatkan fasilitas sumber belajar yang bergam, bagi peneliti yang berminat perlu melakukan penelitian lanjutan untuk mendapatkan informasi tentang faktor-faktor lain dari siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar, misalnya intelegensi, motivasi, minat, dan lain-lainnya.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain