Text
Laporan Penelitian dan Disertasi : profil Self Efficacy guru bimbingan dan konseling se-kota Cimahi (Studi Deskriptif terhadap guru bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kota Cimahi Tahun Pelajaran 2012/2013)
IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIC PADA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PPKn
Oleh Nana Karyana
Abstrak
• _ •_um 2013 mengembangkan dua modus proses pembelajaran yaitu proses -:e,cjaran langsung dan proses pembelajaran tidak langsung. Proses pembetajaran _ adalah proses pendidikan di mana peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi dengan sumber belajar yang dirancang dalam silabus don RPP berupa -kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran langsung peserta didik kegiatan belajar dengan pendekatan saintifik yaitu melalui mengamati, _ mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan :--7unikasikan apa yang sudah ditemukannya dalam kegiatan analisis. Oleh karena pertama don utama bagi guru dalam menyiapkan pembelajaran adalah =-1 analisis pada ketiga kompetensi itu. Dari analisis itulah akan diperoleh materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, don penilaian yang -7 - • seperti pada pembelajaran Mata Pelajaran PPKn
pendekatan saintifik,PPKn
Tatar Bhelakang
-Yelajaran kurikulum 2013 adalah pembelajaran kompetensi dengan memperkuat dan penilaian autentik untuk mencapai kompetensi sikap, dan keterampilan. Penguatan proses pembelajaran dilakukan melalui saintifik. yaitu pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam menanya, mencoba/mengumpulkan data, mengasosiasi/menalar, dan
pembelajaran pada setiap satuan pendidikan terkait erat pada Lulusan clan Standar Isi. Standar Kompetensi Lulusan Leraneka konseptual tentang sasaran pembelajaran yang harus dicapai. erikan kerangka konseptual tentang kegiatan belajar dan pembelajaran Jari tingkat kompetensi dan ruang lingkup materi.
2
Tidak tersedia versi lain