Text
Laporan Penelitian dan Disertasi :
t-nretasi Antara Ketercapaian Standar Isi, Proses, PTK, Sarana Prasarana, Pengelolaan, e---4,tayaan dan Penilaian dengan Ketercapaian.Standar Kompetensi Lulusan Di Satuan Pendidikan Jenjang SD Sasaran Program EDS Tahun 2012
Dini Irawati (Widyaiswara LPMP Jabar)
ABSTRAK
Pere-_nan 8 SNP di seluruh satuan pendidikan merupakan salah satu amanat pemerintah !ercantum pada PP No.19 Tahun 2005 Tentang SNP. Langkah awal dalam melakukan scriem.,nan SNP, perlu dilakukan pemetaan 8 SNP yang salah satunya dapat diperoleh melalui secse-nentasi EDS. Berdasarkan hasil EDS dapat diketahui sejauhmana ketercapaian 8 SNP lore -251Inya dapat menjadi dasar dalam melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan.
ini mencoba menggambarkan ketercapaian 8 SNP di satuan pendidikan sasaran arovern EDS Tahun 2012 provinsi Jawa Barat dengan menggunakan metode deskriptif lorartif. Data yang digunakan adalah data hasil Evaluasi Diri Sekolah di Provinsi Jawa Barat ltirtr 2013. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Variabel dalam ini adalah variabel bebas (independent) Standar Isi (X1), dan Standar proses (X2), 112Ircar PTK (X3), Standar Sarana prasarana (X4), Standar Pengelolaan (X5), Standar Pembiayaan :an Standar Penilaian (X7) sedangkan variabel terikatnya (dependent) adalah Standar Lulusan (Y). Data dianalisis dengan menggunakan analisa regresi sederhana dan aier-es Banda.
ini membuktikan bahwa ketercapaian standar isi, standar proses, standar PTK, sa-ca- pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian berpengaruh secara parsial secara bersama-sama terhadap Ketercapaian Standar Kompetensi Lulusan. Ini dapat dari hasil penelitian, dimana diperoleh : untuk uji pengaruh ketercapaian standar isi p ketercapaian standar kompetensi lulusan diperoleh thitung sebesar 0,733, dengan nilai oramoslitas sebesar 0,000, untuk uji pengaruh ketercapaian standar proses terhadap i7.-2Daian standar kompetensi lulusan diperoleh thitung sebesar 0,278, dengan nilai pccas,,,itas sebesar 0,000, untuk uji pengaruh ketercapaian standar PTK terhadap illemerpaian standar kompetensi lulusan diperoleh thitung sebesar 0,211, dengan nilai sebesar 0,000, untuk uji pengaruh ketercapaian standar sarana prasarana ap ketercapaian standar kompetensi lulusan diperoleh thitung sebesar 0,087, dengan nilai ilitas sebesar 0,000, untuk uji pengaruh ketercapaian standar pengelolaan terhadap paian standar kompetensi lulusan diperoleh thaung sebesar 0,074, dengan nilai ilitas sebesar 0,000, untuk uji pengaruh ketercapaian standar pembiayaan terhadap lisercapaian standar kompetensi lulusan diperoleh thitung sebesar 0,219, dengan nilai litas sebesar 0,000, untuk uji pengaruh ketercapaian standar penilaian terhadap alliercapaian standar kompetensi lulusan diperoleh thaung sebesar 0,029, dengan nilai ilitas sebesar 0,000 dan untuk uji pengaruh ketercapaian standar isi, proses, PTK, sarana na, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian secara bersama-sama terhadap paian standar kompetensi lulusanlhitung sebesar 0,756, dengan nilai probabilitas sebesar
111e,--sarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat menjadikan peta ketercapaian 8 SNP di sir pendidikan sasaran program EDS Tahun 2012 sebagai dasar dalam melakukan program piemr-katan mutu baik di tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota ataupun provinsi.
Tidak tersedia versi lain