Text
Konstribusi kualifikasi pengalaman diklat dan kompetensi guru terkadap kinerja guru geografi SMA NEGERI DI KAB. BANDUNG
"KONTRIBUSI KUALIFIKASI, PENGALAMAN DIKLAT, DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU GEOGRAFI SMA NEGERI DI KAB. BANDUNG
Oleh :
Neni Rohaeni Widyaiswara LPMP Jawa Barat
ABTRAKSI
Kinerja guru pada dasarnya merupakan kinerja atau unjuk kerja yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Kualitas kinerja guru akan sangat menentukan pada kualitas hasil pendidikan, karena guru merupakan pihak yang paling banyak bersentuhan langsung dengan siswa dalam proses pendidikan. Kinerja guru dipengaruhi oleh faktor psikologis, organisasi, dan individu, dalam penelitian ini dipengaruhi kualifikasi pendidikan, pengalaman diklat, dan kompetensi guru. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah : 1) Berapa besarkah kontribusi kualifikasi guru terhadap kinerja guru geografi? 2) Berapa besarkah kontribusi pengalaman diklat terhadap kinerja guru geografi? 3) Berapa besarkan kontribusi kompetensi guru terhadap kinerja guru geografi? Dan 4) Berapa besarkah kontribusi kualifikasi, pengalaman diklat dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru geografi? Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui kontribusi kualifikasi guru terhadap kinerja guru Geografi SMA Negeri di Kabupaten Bandung; 2) Mengathui kontribusi pengalaman diklat guru terhadap kinerja guru Geografi SMA Negeri di Kabupaten Bandung; 3) Mengetahui kontribusi kompetensi guru terhadap kinerja guru Geografi SMA Negeri di Kabupaten Bandung; dan 4) Mengetahui kontribusi kualifikasi guru, pengalaman diklat dan kompetensi guru bersama-sama terhadap kinerja guru Geografi SMA Negeri di Kabupaten Bandung.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru Geografi dart 4 sampel sekolah di Kab. Bandung yaitu SMAN 1 Margahayu, SMAN 1 Soreang, SMAN 1 Banjaran, dan SMAN 1 Ciwidey sebanyak 12 orang. Pengambilan sampel sekolah dilakukan berdasarkan karakteristik wilayah yaitu wilayah transisi kota, ibukota kabupaten, kota industri dan pedesaan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dart variabel bebas yaitu kualifikasi pendidikan, pengalaman diklat dan kompetensi guru serta kinerja guru geografi sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan wawancara.
Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif persentase, uji normalitas dan asumsi klasik kemudian dianalisis dengan analisis regresi linier berganda, uji simultan dan uji parsial. Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa Kualifikasi atau tingkat pendidikan guru mata pelajaran Geografi SMA Negeri di Kab. Bandung sebagian besar adalah Strata satu (S1) dalam hal ini berada dalam katego
Tidak tersedia versi lain