Text
Tesis : perancangan modul tentang cara stimulasi kecerdasan jamak
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk menguji coba modul pelatihan stimulasi kccerdasan ,jamak (multiple intelligences) anak untuk meningkatkan kompetensi profesional guru PAUD. Modul ini berisi materi mengenai Kompetensi Profesional Guru PAUD, Konsep Kecerdasan Jamak, Identifikasi Awal Kecerdasan Jamak Anak dan Stimulasi Kecerdasan Jamak dalam Pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan adalah single pretest posttest design yang berarti terdapat satu kelompok penelitian yang akan diberikan tes sebelum dan sesudah pemberian treatment. Pengaruh treatment dilihat dengan cara dengan cara membandingkan skor sebelum dan sesudah pelatihan pada subyek. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner untuk mengukur pengetahuan guru mengenai konsep kecerdasan jamak,cara mengidentifikasi awal, stimulasi kecerdasan jamak dalam pembelajaran dan ketrampilan guru dalam membuat rencana pembelajaran yang menstimulasi kecerdasan jamak. Selain itu ada evaluasi terhadap pelaksanaan pelatihan dan modul pelatihan. Hasil uji statistik menunjukkan modul ini efektif dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAUD. Hasil tugas mandiri guru juga menunjukkan adanya peningkatan kemampuan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) .
Kata kunci : stimulasi kecerdasan jamak, modul, kompetensi profesional
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain