Text
Tesis : pengaruh pembelajaran berorientasi aktivitas siswa dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi
ABSTRAK
Pengaruh Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Penelitian Eksperimen Pada Siswa SMA PGRI 43 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya)
Mohamad Dudi Solahuddin
Penelitian ini difokuskan untuk nriendapatkan gambaran tentang penerapan pembelajaran berorientasi aktivitas siswa dalam meningkatkan hasil belajar yang dilakukan pada kelas X SMA sebanyak 70 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen 35 orang siswa dan kelas kontrol 35 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, bentuk desain eksperimen yang digunakan adalah "Pretest-Posttest Control Group Design" Data penelitian dikumpulkan melalui tes tertulis (pre test dan post test), Observasi, angket dan wawancara.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) Penerapan pembelajaran berorientasi aktivitas siswa pada materi uang dan perbankkan di kelas X SMA menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara rata-rata skor post test kelas eksperimen dengan kelas kontrol; (2) Rata-rata gain hasil belajar pada kedua kelompok siswa terjadi peningkatan setelah diberikan perlakuan. Peningkatan yang lebih tinggi terjadi pada kelompok eksperimen; (3) guru sepakat bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berorientasi aktivitas siswa maka pembelajaran akan lebih terarah, sistematis, menciptakan suasana kondusif, menarik, menyenangkan dan bermakna; (4) siswa merasa senang, tertarik dan tertantang dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran berorientasi aktivitas siswa karena dapat menumbuhkan siswa untuk berpikir kritis dan mendorong rasa ingin tahu untuk terus belajar sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar maka pembelajaran berorientasi aktivitas siswa dapat dijadikan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar pada mata • pelajaran ekonomi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain