Text
Tesis : pengaruh pelatihan staf pengadaan dan kompensasi
PENGARUH PELATIHAN STAF PENGADAAN DAN KOMPENSASI TERHADAP EFEKTIFITAS PENGADAAN BARANG/JASA N LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (LPMP) DAN PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (P4TK) KEMENTERIAN PENDIDIDIKAN & KEBUDAYAAN Tesis. Bandung: Program Pascasarjana UPI 2013 Asep Hermawan, S.Pd
ABSTRAK Pendidikan merupakan bidang yang strategis dalam kemajuan suatu bangsa. Dewasa imi. paradigma pendidikan telah bergeser dari yang hanya merupakan pelayanan publik senjadi investasi manusia (human investment). Konsekuensinya, pendidikan imendapatkan perhatian khusus dari pemerintah melalui besarnya alokasi anggaran yang hints dikelola dengan seksama dalam pengeluarannya. Pengeluaran anggaran publik diiilaksanakan berdasarkan mekanisme pengadaan barang/jasa pemerintah agar memenuhi amitutan manajemen publik terkait efektifitas, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas publik. Indikasi kurang efektifnya pengelolaan anggaran pendidikan terungkap dari bcberapa temuan penyimpangan khususnya badan pemeriksa akibat dari praktek pcneadaan barang/jasa yang tidak sesuai.Upaya untuk meningkatkat efektifitas pcmadaan barang/jasa di lingkungan pendidikan diantaranya dapat dilakukan dengan panbenahan SDM melalui praktik pelatihan staf pengadaan dan sistem pemberian 16.-wmpensasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pelatihan staf pengadaan kompensasi terhadap efektifitas pengadaan barang/jasa di LPMP dan P4TK famdikbud. Metode yang digunakan dalam .penelitian adalah metode deskriptif ketelasional, dengan pendekatan kuantitatif yang ditunjang dengan studi kepustakaan. Tcknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data tidak sung yang menggunakan angket tertutup sebagai instrumen pengumpul data. Papulasi dalam penelitian ini adalah seluruh staf pengadaan di lingkungan LPMP dan P4TK Kemdikbud yang telah lulus sertifikasi pengadaan barang/jasa pemerintah dengan pcilarikan sampel responden berjumlah 30 orang sebagai sampel representatif asenm,unakan teknik area sampling dan purposif sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor responden variabel X1 (Pelatihan Staf naadaan) termasuk dalam kategori tinggi, Variabel X2 (Kompensasi) termasuk dalam kasep.ori cukup. dan untuk variabel Y (Efektifitas Pengadaan Barang/Jasa) termasuk &lam kategori sangat tinggi. Berdasarkan analisis koefisien korelasi, diperoleh basil beim a terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara variabel X1 dan X2 terhadap =rubel Y. Adapun hasil uji analisis regresi menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang sarnifikan dari Pelatihan Staf Pengadaan dan Kompensasi terhadap Efektifitas l'ateadaan Barang/Jasa di LPMP dan P4TK Kemdikbud. Berdasarkan hasil kesimpulan, rekomendasi yang diberikan dalam penelitian ini nctiputi tiga aspek yaitu 1) aspek pelatihan terkait evaluasi proses reaksi positif peserta dam monitoring evaluasi pasca pelatihan yang harus dilakukan secara konsisten oleh pat)elenegara pelatihan sebagai feedback perbaikan dalam penyelenggaraan pelatihan, ) aspek kompensasi yang memerlukan pengkajian lebih spesifik dalam konteks prinsip beadilan dan pengembangan jenjang karir profesi pengadaan sebagai jabatan tugas poiesional. dan 3) aspek implementasi pengadaan bagi para pengelola pengadaan agar iemantiasa meningkatkan profesionalisme kinerjanya terutama dalam konteks peseelolaan dan pelaporan hasil sisa anggaran sebagai bahati revisi guna penyerapan szezaran yang efektif dan proporsional.
kVA kunci: Pelatihan staf pengadaan, kompensasi dan efektifitas pengadaan boranejasa
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain