Text
Tesis : konstribusi kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja mengajar guru terhadap mutu pendidikan di sekolah pada sekolah menengah pertama negeri
ABSTRAK
Nana Karyana, "KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA MENGAJAR GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI-KABUPATEN SUMEDANG"
Peningkatpn mutu pendidikan agar mampu bersaing secara global terhadap perubahan sistem dan mekanisme pelaksanaan pembelajaran di sekolah. hams dikelola secara profesional dan proposional, baik oleh jabatan struktural/kepala sekolah maupun tenaga fungsional/guru untuk mencapai tujuan kualitas pendidikan yang lebih baik. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman, dapat dijelaskan bahwa kemampuan kepemimpinan kepala sekolah dan kemampuan mengajar guru merupakan salah saw faktor dalam pencapaian mutu pendidikan di sekolah. Di nisi lain kinerja mengajar guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sangat bervariasi serta kualitas kerja yang beragam, oleh karena itu sangat penting dalam menelaah faktor-faktor yang berkonstribusi terhadap mutu pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kontribusi Profesional kepala sekolah terhadap kinerja guru (2) Kontribusi prtofesional kepala sekolah terhadap mutu pendidikan di sekolah .(3) Kontribusi kinerja guru terhadap mutu pendidikan di sekolah. (4). Kontribusi kemampuan profesioanl kepala sekolah dan kinerja mengajar guru terhadap mum pendidikan di sekolah pada SMP Negeri di Kabupaten Sumedang. Penelitian menggunakan pendekatan konsep administrasi pendidikan, profesioanlisme kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru dan mutu pendidikan disekolah dengan metode deskriptif korelasional dengan menggunakan kuesioner atau angket, populasi target penelitian adalah pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Sumedang. Sampel yang digunakan dalam rumus Purposive Random Sampling. Instrumen penelitian didasarkan reliabilitas untuk mengukur tingkat kemudahan yang dihitung oleh rumus Range Spearman. Hasil uji coba menunjukkan bahwa tingkat signifikasi sebagai berikut ; (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah = 0,99. (2) Kinerja mengajar guru mempunyai Hi kepercayaan Yl t =0,93. dan (3) Peningkatan mutu pendidikan disekolah RI t = 0.66.
Dengan menggunakan Analisis Regresi dan Korelasi, Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Terdapat konstribusi positif antara kepemimpinan Kepala Sekolah (Xi) dengan peningkatan mutu pendidikan di sekolah (Y), (2) Terdapat konstribusi positif antara kinerja mengajar guru (X2) terhadap peningkatan mutu pendidikan disekolah, (3) Terdapat konstribusi positif antara kepimimpinan Kepala Sekolah (X1) dan kinerja mengajar guru (X2) dengan peningkatan mutu pendidikan di sekolah (y).
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain