Text
Tesis : pengaruh penguasaan teknologi informasi dan komunikasi dan motivasi terhadap kemampuan penelitian tindakan kelas
ABSTRAK
Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Kegiatan pengembangan profesi yang dapat dilakukan guru antara lain adalah dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, motivasi, dan kemampuan penelitian tindakan kelas guru SMK Mata Pelajaran Produktif dan untuk mengetahui pengaruh penguasaan teknologi informasi dan komunikasi terhadap kemampuan penelitian tindakan kelas, pengaruh motivasi terhadap ke,mampuan penelitian tindakan kelas, dan pengaruh penguasaan teknologi informasi dan komunikasi dan motivasi secara simultan terhadap kemampuan penelitian tindakan kelas guru SMK Mata Pelajaran Produktif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru SMK Mata Pelajaran Produktif di Kota Cimahi golongan IVa keatas yang sudah melakukan penelitian tindakan kelas. Teknik Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, dengan sampel sebanyak 53 responden. Kesimpulan penelitian ini adalah secara umum guru SMK Mata Pelajaran Produktif di Kota Cimahi memiliki penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, Motivasi, dan kemampuan penelitian tindakan kelas yang dikategorikan "sangat tinggi", namun demikian kemampuan internet, sistem operasi, motivasi ekstrinsik, dan pemahaman penelitian tindakan kelas masih lemah. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan: antara penguasaan teknologi informasi dan komunikasi terhadap kemampuan penelitian tindakan kelas dengan kriteria hubungan cukup kuat, antara motivasi terhadap kemampuan penelitian tindakan kelas dengan kriteria hubungan kuat, dan antara penguasaan teknologi informasi dan komunikasi dan motivasi secara simultan terhadap kemampuan penelitian tindakan kelas dengan kriteria hubungan kuat. Dari hasil penelitian direkomendasikan guru harus meningkatkan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi dan kemampuan penelitian tindakan kelas melalui program-program pemerintah atau melalui kegiatan yang secara rutin diadakan oleh kelompok kerja, musyawarah guru, atau forum guru didaerahnya. Pemerintah harus menjalankan Permen PAN dan Reformasi Birokrasi No 16 Th 2009 secara konsisten untuk memberikan motivasi ekstrinsik terhadap guru.
Kata Kunci: Teknologi Informasi dan Komunikasi, Motivasi, Penelitian Tindakan Kelas, Kognitif; Affektif, Psikomotor
•
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain