Text
Skripsi : peningkatan kompetensi guru ipa smp melalui kegiatan lesson study berbasis mgmp
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU IPA SMP MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY BERBASIS MGMP
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama, dengan mengimplementasikan lesson study di MGMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan kegiatan yang dilakukan yaitu menerapkan lesson study berbasis MGMP dengan tahapan plan, open lesson, refleksi, selesai satu siklus lesson study dilanjutkan dengan observasi pembelajaran kepada tiga orang guru (sekolah yang berbeda) yang menjadi observer ketika open lesson. Peserta terdiri dari guru-guru IPA SMP Negeri dan SMP Swasta yang berdekatan lokasinya dalam satu gugus MGMP berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian terdiri atas lembar observasi kegiatan lesson study dan pelaksanaan pembelajaran setelah lesson study, lembar kuesioner, dan panduan wawancara. Hasil-hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah 1) kompetensi guru meningkat dalam mengembangkan pembelajaran IPA, yang meliputi pemahaman konsep IPA, penggunaan metode dan pendekatan keterampilan proses, menyusun perencanaan pembelajaran dan LKS, dan pelaksanaan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif; 2) adanya observasi pembelajaran ke tiga sekolah masing-masing peserta MGMP, memberikan pengalaman pembelajaran secara langsung dengan kelas nyata, dan memfungsikan MGMP Gugus secara maksimal; 4) tanggapan guru peserta MGMP IPA terhadap penerapan lesson study ini sangat positif, yaitu menambah wawasan dan memperoleh inspirasi berkaitan dengan pembelajaran, memberikan pengalaman langsun2 cinlam pembelajaran tidak hanya teori, guru menyadari kekurangan dalam penal:\elajar-c...n. pembelajaran IPA ada perbaikan, dan dapat mengembangkan profesional guru secara berkelanjutan.
•
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain