Text
Skripsi : kajian pengembangan nilai-nilai pedidikan karakter
KAJIAN PENGEMBANGAN NILAI-NILAI PE DIDIKAN KARAKTER (Studi Kasus Pada SNIKN 3 Bandung)
ABSTRAK
Sejalan dengan digulirkannya pendidikan karakter oleh Kementerian Pendidikar dan Kebudayaan, setiap sekolah dianjurkan untuk mengembangkannya dalam kurikulum sekolah dimana salah satu unsumya adalah dalam pembelajaran dimana guru yang menjadi ujung tombaknya. SMKN 3 Bandung merupakan salah sekolah yang meneembane.kan nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upa a-upa a yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran, kendala-kendala yang dihadapi, cara mengatasi kendala, dan dampaknya terhadap peserta didik. Metode yang digunakan adalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan fokus kepada studi kasus. Dalam penelitian ini, peneliti sebagai instrumen utama penelitian, dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, studi literatur. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: pertama, guru-guru SMKN 3 Bandung telah mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran berdasarkan pedoman dari pemerintah. Pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter tertuang pada silabus, RPP, dan diiimplementasikan dalam pembelajaran. Walau demikian, pendekatan dan strategi pembelajaran yang dilaksanakan masih perlu dikembangkan ke arah pendekatan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning iCTL) belajar aktif untuk menciptakan pembelajaran yang rnenyenanakan. menantan2_ dan bermakna bagi peserta didik (pembelajaran berpusat kepada sis►a). Kedna. Sccara teknis guru-euru SNIKN 3 Bandung tidak gaL keniala senor &lam penc_rembanaan karaikaar dab= pcalbelijusan karma sudah relatif dare' imekkiankromfa down bar_ Walaupun ada sedikit kendaia, hal trisect !di impala amie trials dal= hal pemetaan SK dan KD pada slab= dim RPP yang mai b komitmen dan kesungguhan guru dalam menzembsegkannya MIR sosoknya menjadi teladan bagi peserta didik_ kthga. jia norarladapi kendala dalam pengembangan nilai-nilai pendidikan kink= its pembelajaran, maka Kepala sekolah memotivasi dan memberilrala asthma krpeda euru. Selain itu, sesama guru melalui Nlusyawarah Guru data Pciajaran (111174P) di sekolah juga berdiskusi (sharing) untuk mengatasi kendala-keniaia yaw dihadapi. Dan keempat, pengembangan nilai-nilai pendidikan karaber SMKN 3 Bandung memberikan dampak positif bagi peserta didik bagi degas prestasi akademik maupun nonakademik. Salah satunya tercermin dalam pencapaian nilai rata-rata UN, prestasi pada lomba/ kejuaraan, sikap, dan pcniairn siswa
Kata Kunci Pendidikan, ICarakter. Pembelajaran.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain