Book
Publikasi Ilmiah Non Penelitian
Berdasar pengalaman menjadl 1 irT1 1 pknir, PernIalan angka krprbt Pengembangan Profesi Guru dan Pengawas Sekolah rii seluruh sPjak 2002, dan memprediksi dImulalnya penerapan Permennep,pan dan N.K ry, 16 tahun 2009 pada tahun 2013 mendatang ada perasaan yang -,angat menggembirakan dalam meningkatkan profesi guru. Hal inr dtda-,an pada pemahaman kan-n setelah mendalami petunjuk teknis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Selama ini Guru/Kepala Sekolah umurnnya berfokus pada karya pengembangan profesi yang berbentuk Penelitian dan khususnya Penelitian Tindakan Kelas/ Sekolah. Akibatnya kepangkat/jabatan guru banyak berhenti di Guru Madya/lVa, karena usulan kenaikan pangkat mereka melalui pengembangan profesi banyak yang berguguran. Hal ini banyak dipengaruhi pemahaman pengembangan profesi guru belum mereka paharni secara tuntas.
Melalui berbagai pengalaman waktu melakukan, pendidikan dan pelatihan (Diklat), seminar/workshop dan, pertemuan ilmiah di Jawa Tengah, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Provinsi di Kalimantan, Sulawesi, Sumatra, dan Maluku, panitia cenderung belum mengarahkan materi diklat untuk dapat mengembangkan profesi guru. Mereka umumnya belum memahami bahwa di samping jenis Karya Tulis Ilmiah pengembangan profesi, yang sekarang ganti istilah "Publikasi Ilmiah" pantas dan bahkan pada Permen baru pada pangkat Guru Muda/IIId ke atas wajib menguasai dan dapat menyusun Publikasi Ilmiah Penelitian dan Bukan Penelitian. Dengan dasar atas tugas yang diberikan Ditjen PMPTK, Biro Kepegawaian Diknas, dan dalam menyusun Buku Karya Tulis Ilmiah Non Penelitian di LPMP Jawa Timur, buku ini perlu keberadaannya.
Keprihatinan, kepedulian profesi guru, kurangnya buku yang khusus membahas Publikasi Ilmiah yang Bukan Penelitian, dan sedikitnya ilmuwan yang perhatian terhadap jenis publikasi ilmiah non penelitian, mendorong penulis untuk berani menuangkan gagasan ke dalam bentuk buku yang dapat dipakai para guru. Dengan demikian diharapkan dapat membuka cakrawala baru bagi guru/kepala sekolah/pengawas sekolah untuk mencoba menulis karya publikasi ilmiah yang bukan penelitian. Dengan adanya kemauan membaca, memahaml, mengerti dan akhirnya menulis hasil renungan, gagasan/ide, dan pengalaman dalam memperbaiki mutu proses pembelajaran dan pengelolaan sekolah dimana mereka bertugas, penulls yakin akan mampu mengantarkan untuk lebth professional dan menduduki jabatan/pangkat lebih tinggi.
Tidak tersedia versi lain