Text
Strategi Mewujudkan Karakter Pelajar Pancasilais
Kemdikbudristek menggulirkan berbagai kebijakan dan program peningkatan mutu pendidikan yang muaranya bertujuan untuk melahirkan karakter pelajar Pancasila(is). Hal ini sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional khususnya pada fungsi dan tujuan pendidikan nasional.
Inti dari pelajar Pancasila(is) adalah sosok pelajar yang mengetahui, memahami, dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Inti dari pelajar Pancasila(is) adalah sosok pelajar yang mengetahui, memahami, dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Lahirnya kebijakan dan program "Pelajar Pancasila(is)" tidak lepas dari keprihatinan terhadap krisis jati diri yang dialami bangsa Indonesia, khususnya generasi muda. Banyak generasi muda yang "tidak mengenal" Pancasila. Pancasila asing dalam kehidupan mereka. Janganlan bicara pemahaman dan pengamalan Pancasila, sila-sila Pancasila saja banyak yang tidak hapal. Dalam konteks pendidikan karakter, program "Pelajar Pancasila(is)" adalah pendidikan karakter khas Indonesia karena hanya Indonesia yang berideologi Pancasila.
Nilai-nilai Pancasila perlu ditanamkan kepada generasi bangsa sejak dini. Buku ini berisi gagasan-gagasan dan refleksi penulis tentang strategi membentuk karakter pelajar Pancasilais melalui penguatan sinergi peran orang tua, sekolah, dan masyarakat. Nilai-nilai Pancasila digali dari lingkungan sekitar secara kontekstual. Pemaparannya disajikan secara populer agar mudah dipa hami oleh "pembaca awam". Sasaran pembaca buku ini adalah pendidik, tenaga kependidikan, pelajar, mahasiswa, orang tua, pegiat pendidikan, dan masyarakat umum yang peduli terhadap pembumian nilai Pancasila terhadap masyarakat khususnya kepada pelajar.
Tidak tersedia versi lain