Buku
Penelitian Tindakan Kelas dan Peningkatan Profesionalitas Guru
Penelitian Tindakan merupakan penerapan penemuan fakta pada pemecahan masalah dalam situasi social dengan pandangan untuk meningkatkan kualitas tindakan yang dilakukan di dalamnya, yang melibatkan kolaborasi dan kerjasama para peneliti, praktisi dan orang awam. Penelitian Tindakan Kelas merupakan kemampuan melakukan penelitian sederhana dalam rangka peningkatan kualitas profesional guru, khususnya kualitas pembelajaran. Melaksanakan pengembangan profesi melalui Penelitian Tindakan Kelas bagi guru sangat dianjurkan, karena Penelitian Tindakan Kelas sangat kondusif untuk membuat guru menjadi peka dan tanggap terhadap dinamika pembelajaran di kelasnya. Ada tujuh jenis karya tulis ilmiah yang dapat mengembangkan terhadap profesionalitas seorang guru, yaitu Pertama, karya ilmiah hasil penelitian, pengembangan, penilaian. Kedua, karya tulis tinjauan ilmiah gagasan sendiri. Ketiga, karya ilmiah populer. Keempat, karya ilmiah sebagai pemasaran dalam seminar. Kelima, menghasilkan buku pelajaran atau modul. Keenam, menghasilkan diktat. Tujuh, karya tulis terjemahan. Oleh karena itu, setelah membaca buku Penelitian Tindakan Kelas dan Peningkatan Profesionalitas Guru ini diharapkan para guru, ilmuwan, juga para mahasiswa terdorong semangatnya untuk terlibat aktif dalam memecahkan berbagai persoalan di lingkungan kelas dan lingkungan sekitar juga turut aktif melakukan penelitian yang akhirnya akan dapat meningkatkan terhadap profesionalitas guru di Indonesia.
Tidak tersedia versi lain