Buku
Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru
Prasyarat utama yang harus dipenuhi bagi berlangsungnya pembela-jaran yang menjamin optimalisasi hasil pembelajaran ialah tersedianya guru dengan kualifikasi dan kompetensi yang mampu memenuhi tuntu-tan tugasnya. Mutu pendidikan pada hakikatnya adalah bagaimana memastikan bahwa pembelajaran yang dilakukan guru di kelas ber-langsung dengan balk dan bermutu. Jadi, mutu pendidikan ditentukan di dalam kelas melalui pembelajaran. Untuk mencapai hasil pem-belajaran yang optimal, dibutuhkan guru yang kreatif dan inovatif yang selalu mempunyai keinginan terus-menerus untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Dengan peningkatan mutu pembelajaran di kelas, mutu pendidikan dapat ditingkatkan. Oleh karena itu, upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas harus selalu dilakukan. Salah satu upaya tersebut adalah dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan PTK, kekurangan atau kelcmahan yang terjadi dalam proses belajar-mengajar dapat teridentifikasi dan terdeteksi, untuk selanjutnya dicari solusi yang tepat.
Oleh karena itu, Para guru membutuhkan suatu buku yang membahas secara lugas dan jelas tentang PTK dengan pendekatan praktis yang disertai contoh-contoh empiris. Dan buku yang seperti ini belum ada di pasaran. Buku-buku PTK yang ada selama ini pembahasannya terlalu teoretis sehingga pembaca (guru) merasa kesulitan dalam meng-implementasikan di lapangan. Namun, buku ini secara lugas memadu-kan pendekatan teoretis dan pendekatan praktis.
Tidak tersedia versi lain