Buku
Kinerja Guru
Kinerja guru di madrasah ditentukan oleh faktor supervisi kepala madrasah, pemahaman terhadap kurikulum serta iklim kerja yang tercipta di madrasah. Kinerja guru memengaruhi mutu madrasah. Mutu Madrasah Aliyah masih rendah sehingga terpinggirkan dibandingkan dengan lembaga pendidikan non Islam dan lembaga pendidikan yang dikelola Depdiknas/Dinas Pendidikan. Penelitian tentang supervisi kepala sekolah, pemahaman guru terhadap kurikulum, iklim kerja dan kinerja guru baik penelitian-penelitian terdahuiu maupun penelitian-penelitian terkini perlu dipelajari dan dicermati untuk dijadikan masukan bagi perbaikan mutu pendidikan pada madrasah. Kinerja guru dipengaruhi oleh pembinaan yang dilakukan kepala sekolah melalui supervisi. Supervisi merupakan faktor ekstrinsik yang berkontri-busi secara signifikan terhadap motivasi kerja, prestasi, dan profe-sionalisme guru. Suasana belajar sekolah dengan faktor-faktor yang ada di dalamnya ditemukan hubungan positif dan paralel antara iklim belajar sekolah dengan efektivitas sekolah. Efektivitas suatu sekolah dalam praktiknya dapat dilihat dari beberapa aspek yang meliputi: iklim belajar, penguatan kemampuan dasar peserta didik, terpenuhinya harapan guru, adminis-trasi kepemimpinan dan sistem umpan batik dalam penilaian kemajuan akademik.
Pemahaman guru terhadap kurikulum memengaruhi kinerja guru. Guru dituntut memiliki pemahaman serta kemampuan menjabarkan, mengem-bangkan dan mengimplementasikan kurikulum. Pemahaman kurikulum adalah kemampuan membedakan, memperluas, menerangkan, menyim-pulkan, memberi contoh, mengklasifikasikan konsep-konsep kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan.
Tidak tersedia versi lain