Book
Pola Baru Manajemen Sekolah Menengah Atas
Kebijakan Merdeka Belajar yang dikeluarkan pemerintah, tak ubahnya payung besar bagi upaya peningkatan kualitas belajar siswa. Kebijakan ini memberi kekuatan pada peran guru dan satuan pendidikan untuk fokus pada kualitas pembelajaran. Momentum ini menjadi kekuatan bagi guru dan sekolah untuk berbenah diri. Lang-kah yang dapat dilakukan antara lain, memperkuat kolaborasi di internal sekolah, memperkuat kepemimpinan instruksional kepala sekolah, dan memperbaiki pola manajemen sekolah. Pola manajemen sekolah selama ini dianggap bagian yang tidak esensial. Padahal, pengelolaan satuan pendidikan menjadi faktor penentu dalam keberhasilan proses pendidikan. Oleh karena itu,bu-ku ini mengangkat pola manajemen sekolah sebagai bahasan untuk menjadi perhatian semua pihak. Dalam buku ini ditampilkan berbagai aspek yang mendorong mana-jemen sekolah untuk berubah. Tata kelola sekolah secara tradisional tidak lagi memadai untuk bertahan di tengah perubahan. Manaje-men harus berubah mengikuti perubahan dalam cara merencana-kan, cara mengorganisasi, cara bekerja, cara melakukan kontrol, dan cara melakukan evaluasi dan perbaikan di bidang pendidikan. Dengan memahami pergeseran yang terjadi diharapkan dapat mem-beri inspirasi pada semua pihak untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian dalam pengelolaan sekolah, sehingga dapat berfungsi optimal dalam menjalankan proses pendidikan, secara khusus dapat meningkatkan kualitas belajar siswa sebagaimana dicanangkan da-lam Kebijakan Merdeka Belajar.
Tidak tersedia versi lain