Buku
Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian tindakan kelas merupakan penyelidikan secara sistematis dengan tujuan menginformasikan praktik pembelajaran dalam situasi tertentu. Penelitian tindakan kelas juga merupakan suatu cara bagi guru untuk menemukan apa yang terbaik di dalam situasi kelas mereka sendiri sehingga keputusan tentang proses pembelajaran dapat diambil dengan sebaik-baiknya. Penelitian tindakan kelas juga merupakan titik tengah antara refleksi guru dan penelitian pendidikan tradisional. lni disebabkan penelitian tindakan kelas lebih sistematis dan berbasis data dibandingkan dengan sekedar refleksi pembelajaran, tetapi lebih sedikit formal dan terkendalikan dibandingkan penelitian pendidikan tradisional. Dalam penelitian tindakan kelas, guru-guru menggunakan data yang tersedia dari kelas-kelas mereka untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan praktis tentang pembelajaran yang mereka laksanakan. Selanjutnya, penelitian tindakan kelas mengintegrasikan dua pecan sekaligus yaitu antara ilmu pengetahuan (penelitian) dengan praktik pembelajaran. Buku ini merupakan salah satu sarana ikhtiar membantu para guru memahami konseptual-teoretik sampai dengan aplikasi-praktiknya tentang penelitian tindakan kelas. Buku ini dimaksudkan sebagai buku pegangan dalam rangka pengembangan profesi pendidik untuk menguasai kompetensi profesional tentang penelitian tindakan kelas tersebut.
Tidak tersedia versi lain